A.
DESKRIPSI SINGKAT
Mata kuliah ini
membahas tentang dinamika pendidikan Islam sebagai bunga rampai untuk
melaksanakan pendidikan Islam di Indonesia.
B.
KOMPETENSI
Mendeskripsikan
problematika dan lembaga pendidikan Islam dan pendidikan Islam dalam sistem
pendidikan nasional
C.
INDIKATOR
1. Menjelaskan
Problematika Pendidikan Islam
2. Menjelaskan
Prinsip Pendidikan Islam sebagai Disiplin Ilmu
3. Menjelaskan
Model Pendidikan Islam dan Orientasinya
4. Menjelaskan
Strategi Pengembangan Pendidikan Islam dalam Upaya Mengantisipasi Perkembangan
IPTEK
5. Menjelaskan
Pendidik dan Peserta Didik Perspektif Pendidikan Islam
6. Menjelaskan
Sarana, Prasarana, Fasilitas dan Lingkungan Pendidikan Islam
7. Menjelaskan
Profesionalisme dalam Pengelolaan Madrasah
8. Menjelaskan
Sistem dan Metode Pendidikan Islam
9. Menjelaskan
Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan Islam
10. Menjelaskan
SKB 3 Menteri Tahun 1975
11. Menjelaskan
Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional
12. Menjelaskan
Pondok Pesantren sebagai sebuah Sistem Pendidikan Islam
13. Menjelaskan
Penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah
14. Menjelaskan
Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam
D.
MATERI
PERTEMUAN KE-
|
TOPIK
|
KETERANGAN
|
1
|
Pengantar
Mata Kuliah
|
|
2
|
Problematika
Pendidikan Islam
|
|
3
|
Prinsip
Pendidikan Islam sebagai Disiplin Ilmu
|
|
4
|
Model
Pendidikan Islam dan Orientasinya
|
|
5
|
Strategi
Pengembangan Pendidikan Islam dalam Upaya Mengantisipasi Perkembangan
IPTEK
|
|
6
|
Pendidik dan
Peserta Didik Perspektif Pendidikan Islam
|
|
7
|
Sarana,
Prasarana, Fasilitas dan Lingkungan Pendidikan Islam
|
|
8
|
Profesionalisme
dalam Pengelolaan Madrasah
|
|
9
|
Mid Semester
|
|
10
|
Sistem dan
Metode Pendidikan Islam
|
|
11
|
Bimbingan dan
Konseling dalam Pendidikan Islam
|
|
12
|
SKB 3 Menteri
Tahun 1975
|
|
13
|
Pendidikan
Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional
|
|
14
|
Pondok
Pesantren sebagai sebuah Sistem Pendidikan Islam
|
|
15
|
Penyelenggaraan
Pendidikan Agama Islam pada Sekolah
|
|
16
|
Lembaga-Lembaga
Pendidikan Islam
|
|
17
|
Dikotomi Ilmu
dan Permasalahannya
|
|
E.
PENILAIAN
Untuk
menentukan kelulusan mahasiswa dalam mengikuti kuliah Kapita Selekta Pendidikan
Islam ini, perlu dilakukan evaluasi secara periodik. Evaluasi ini wajib diikuti
oleh setiap mahasiswa. Jenis evaluasi dan sebaran persentase untuk setiap
jenis evaluasi tersebut adalah sebagai berikut.
1. Nilai Harian
(Tugas/Pekerjaan Rumah/Latihan
Harian) : 20
%
2. Ujian Tengah
Program
: 30 %
3. Ujian Akhir
Program
: 50 %
_________________ +
Jumlah
: 100%
Nilai Harian
(Tugas di kelas, PR) : Mahasiswa mengerjakan tugas yang dibebankan, dalam
bentuk pembuatan makalah secara berkelompok maupun perorangan. Setiap Tugas/PR
akan mendapatkan nilai dengan skala 0 – 100.
Tes Tengah Semester
Tes Tengah
Semester adalah tes yang dilaksanakan berdasarkan jadwal yang tertera dalam
silabi. Materi tes ini terdiri atas pelajaran 1 sampai dengan pelajaran sebelum
minggu review pada tengah program. Bentuk soal campuran. Sifat tes tengah program ini
ialah buku tertutup.
Ujian Akhir
Semester
Ujian Akhir
Semester adalah tes yang dilaksanakan berdasarkan jadwal yang tertera dalam
silabi. Materi tes ini terdiri atas pelajaran yang diberikan sesudah tes tengah
program sampai dengan pelajaran sebelum minggu review pada akhir program.
Bentuk soal campuran. Sifat tes akhir program ini ialah buku tertutup/terbuka.
F.
MEDIA
1.
Laptop
2.
LCD
3.
Internet
G.
REFERENSI
Arifin, Muzayyin. 2003. Kapita
selekta pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasbullan. 1999. Kapita selekta
pendidikan Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Arifin, M. 2000. Kapita selekta
pendidikan: umum dan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Nata, Abuddin. Kapita selekta
pendidikan Islam. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
Dan buku-buku lain yang relevan
Lipar Kajang, Maret 2013
Tertanda
Dewi Asiyah, S. Pd. I., MM. Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar